Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2015)

Desain pembelajaran fungsi menggunakan receipt pembayaran listrik di kelas VIII

Hiriza Imron (Unknown)
Somakim Somakim (Unknown)
Ely Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan peran lintasan belajar menggunakanreceipt pembayaran listrik dalam membantu siswa untuk menemukan konsep fungsi dikelas VIII. Design research digunakan sebagai metode penelitian dengan melibatkan 30siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pagaralam. Penelitian menghasilkan learning trajectoryyang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam dua aktivitas yaitu PMRI pada materifungsi. Setiap aktivitas PMRI terdiri dari pengguanaan konteks, penggunaan kontribusisiswa, interaktif, dan keterkaitan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengandiberikannya pendekatan PMRI, peran receipt pembayaran listrik dapat membantu siswauntuk menemukan konsep fungsi sehingga dapat mengidentifikasi hubungan antara duavariabel pada materi fungsi.DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2160.162 - 177

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...