Bivalen: Chemical Studies Journal
Vol 1 No 1 (2018)

Pengurangan miskonsepsi siswa SMK tentang kesetimbangan kimia dengan remedial menggunakan model pembelajaran concept attainment

Nurhayati Nurhayati (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)
Abdul Majid (Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)
Nurlaili Nurlaili (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran concept attainment untuk mengurangi miskonsepsi siswa SMK pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kesehatan Samarinda yang berjumlah 240 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-Keperawatan 8 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Mula-mula sampel melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung kemudian diberi ulangan harian yang memiliki pendeteksi miskonsepsi siswa berdasarkan metode certainty of response index (CRI). Siswa yang masih mengalami miskonsepsi kemudian melaksanakan remedial dengan menggunakan model pembelajaran concept attainment dengan materi kesetimbangan kimia. Sampel diuji kembali dengan soal ulangan harian untuk melihat pengurangan miskonsepsinya. Data hasil penelitian ketika menggunakan model pembelajaran langsung adalah 11,11% siswa memiliki miskonsepsi yang tinggi, sebanyak 59,26% siswa miskonsepsi sedang dan sebanyak 29,63% siswa memiliki miskonsepsi rendah. Setelah proses remedial terdapat 92,59% siswa miskonsepsi rendah, 7,41% siswa paham konsep. Dapat disimpulkan bahwa remedial menggunakan model pembelajaran concept attainment pada materi kesetimbangan kimia dapat mengurangi tingkat miskonsepsi siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bivalen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Bivalen: Chemical Studies Journal (e-issn: 2615-8426; p-issn: 25\615-8418), disingkat Biv. Chem. Stud. J., dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu ...