Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1, No 3 (2020)

Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Maisaroh, Siti (Unknown)
Muthiah, Muthiah (Unknown)
Siagian, Nurriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2021

Abstract

Abstrak: Tujuan ini adalah meningkatkan minat belajar siswa melalui implementasi Pendekatan Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 18 Sunggal semester ganjil berjumlah 12 Orang siswa. Metode yang dilakukan dengan ekperimental dan kontributif yang dilakukan dengan terjun langsung ke ranah pendidikan dan mengambil satu materi yang kemudian disampaikan kepada peserta didik untuk melihat reaksi dari variabel lain yang kemudian Penelitian Tindakan Kelas ini yakni peserta didik dapat memahami mata pembelajaran dengan baik  dan lahirnya suasana diskusi dan minat belajar lebih baik dari sebelumnya.Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Kontekstual, dan minat belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Al-Ulum

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, diterbitkan oleh Yayasan Rahmat Islamiyah, Medan, Indonesia. Pada Jurnal tersebut di dalamnya berisi artikel-artikel tentang bidang penelitian ilmiah studi Islam dan pendidikan Islam. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam menerima manuskrip di bidang penelitian termasuk ...