DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Aplikasi Pilihan Pendukung Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Prabawati Nurhabibah (Unknown)
Hanikah Hanikah (Unknown)
Hema Widiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi pilihan pendukung pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan WhatsApp Group dinilai lebih efektif untuk mendukung pembelajaran daring. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah WhatsApp lebih diminati oleh mahasiswa PGSD karena dianggap paling murah dan mudah dibandingkan dengan aplikasi pendukung lainnya karena tidak membutuhkan kuota internet dalam jumlah besar. WhatsApp Group dapat dioperasikan secara sederhana, personal, dan aman. Berdasarkan aspek general usability aplikasi ini mampu dengan mudah untuk mengirim pesan teks maupun suara secara instan, sederhana dan pribadi. Selain itu dapat mengirim foto dan video secara instan, membuat panggilan secara gratis, serta mengirim lokasi pada pengguna lain dengan mudah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...