DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 2, No 1 (2018): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

INCREASING SKILL OF CLASS ACTIONS RESEARCH IN THE DEVELOPMENT OF SUSTAINABLE PROFESSIONS THROUGH WORKSHOP AND MENTORING ACTIVITIES FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS

Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kegiatan workshop dan pendampingan, (2) meningkatkan keterampilan melaksanakan PTK, (3) menemukan kendala dan solusi pelaksanaan workshop dan pendampingan pada peningkatan keterampilan PTK bagi guru SD.Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis Action Research dengan metode :workshop dan pendampingan. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah UPT Disdikpora Kecamatan Kebumen – Kabupaten Kebumen, melibatkan  40 guru SD. Teknik pengumpulan data menggunakan  metode workshop dan pendampingan, observasi, wawancara,  dan  unjuk kerja. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) Kegiatan workshop dilaksanakan sebelum pendampingan dengan materi: teknik perumusan pemasalahan PTK, teknik penyusunan proposal PTK, teknik pelaksanaan PTK, teknik pelaporan PTK, teknik penulisan publikasi ilmiah, dan teknik penilaian angka kredit.; (2) Metode workshop dan pendampingan dapat meningkatkan pemahaman dan Keterampilan PTK dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru SD; (3) Kendala kegiatan Workshop dan Pendampingan adalah: beberapa guru kurang fokus, kurang menguasai TIK,  kurang aktif, beberapa guru masih memerlukan pendampingan yang lebih intensif. Solusinya: kegiatan Workshop dan Pendampingan dilaksanakan pada awal semester, guru perlu pendampingan orang yang menguasai TIK, waktu pelaksanaan tugas diperpanjang, perlu pengelompokan guru berdasarkan kecapatan berfikir/usia. Kesimpulan penelitian ini adalah Metode workshop dan pendampingan dapat meningkatkan pemahaman dan Keterampilan PTK bagi Guru SD.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...