Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2 Edisi Oktober 2017

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA

SONNY I MADE GUNAWAN (Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Mataram)
Dedeng Lalu Kalbuadi (Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2020

Abstract

Abstrak: tanpa self disclosure atau keterbukaan diri, individu cenderung mendapat penerimaan sosial kurang baik sehingga berpengaruh pada perkembangan kepribadiannya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperiment dengan rancangan one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di MAN 2 Praya sebanyak 35 orang yang terindikasi memiliki keterbukaan diri rendah. Lebih lanjut instrumen yang digunakan adalah kuesionerketerbukaan diri. Sedangkan analisis data menggunakan rumus t-tes. Hasil dari penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan terhadap keterbukaan diri siswa dengan rata-rata peningkatan 28,457. Hasil uji dua sampel berhubungan (Paired sample t-test) didapat nilai t = 18,271 dengan  p = 0,000 < 0,05  berarti  signifikan sehingga kesimpulannya ada pengaruh positif dari bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa.Keyword: Bimbingan Kelompok, Keterbukaan Diri

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...