Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 7, No 1 (2019)

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA PEKANBARU

Jumia Elvita (Post Graduate Student of Riau University)
Sumarno Sumarno (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Rusdi Rusdi (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Transfromasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang guru kelas 6 di 30  Sekolah Dasar Negeri Se-Kota Pekanbaru yang diperoleh dari teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian pada persamaan struktural pertama menunjukkan bahwa: 1)Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolahberpengaruh signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru; 2) Kompetensi Pedagogik berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru; 3)  Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru. Hasil uji persamaan struktural kedua menunjukkan hasil bahwa: 1)Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah  tidak berpengaruh secara langsung terhadap Mutu Pendidikan; 2) Kompetensi Pedagogik tidak berpengaruh secara langsung terhadap variabel Mutu Pendidikan; 3) Motivasi Kerja Guru berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan; 4) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik,  dan Motivasi Kerja Guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Hasil uji koefisien jalur menunjukkan bahwa: 1) interaksi antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan; dan 2) interaksi antara Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...