Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 6, No 1 (2018)

KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN LIMAPULUH KOTA PEKANBARU

Novfelaningrum Edjuista (Post Graduate Student of Riau University)
Azhar Azhar (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Nurpit Junus (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi variabel (1) kompetensi pedagogik terhadap komitmen profesi guru, (2) iklim organisasi terhadap komitmen profesi guru, (3) kompetensi pedagogik dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap komitmen profesi guru. Responden penelitian adalah 136 orang guru PNS, tersebar pada 17 unit Sekolah Dasar Negeri, diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan tes sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap komitmen profesi guru sebesar 0,366, dan terdapat kontribusi secara signifikan antara iklim organisasi terhadap komitmen profesi guru sebesar 0,580. Sedangkan secara simultan terdapat kontribusi kompetensi pedagogik dan iklim organisasi terhadap komitmen profesi guru sebesar 0,600

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...