Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 1, No 2 (2017)

PERBANDINGAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING YANG BERSERTIFIKASI DENGAN NON SERTIFIKASI DI SMP SE-KOTA KENDARI TAHUN 2016

Side, Muhammad Tahrin (Unknown)
Binasar, Sudarmi Suud (Unknown)
Jahada, Jahada (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan kinerja guru bimbingan dan konseling yang telah bersertifikasi dengan non sertifikasi di SMP se-kota Kendari tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru BK SMP se-Kota Kendari yang berjumlah 49 orang yang tersebar pada 19 SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Penilaian Kinerja Guru BK dan pedoman wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji F untuk mengetahui perbandingan kinerja guru bimbingan dan konseling yang telah bersertifikasi dengan non sertifikasi di SMP se-kota Kendari tahun 2016.Berdasarkan analisis data kinerja guru bimbingan dan konseling menunjukkan nilai    F = 18,566, p = 0,009 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan terdapat perbedaan sangat signifikan antara kinerja guru BK yang bersertifikasi dan guru BK non sertifikasipada SMP se-Kota Kendari. Dengan nilai rata-rata kinerja guru BK yang bersertifikasi ditunjukkan skor = 88,12 dan kinerja guru  non sertifikasi ditunjukkan dengan skor = 81,73. Hasil analisis tersebut menunjukkan terdapat perbedaan sangat signifikan antara kinerja guru BK yang bersertifikasi dan guru BK non sertifikasi pada SMP se-Kota Kendari Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Kinerja Guru BK

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...