Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan kinerja guru bimbingan dan konseling yang telah bersertifikasi dengan non sertifikasi di SMP se-kota Kendari tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru BK SMP se-Kota Kendari yang berjumlah 49 orang yang tersebar pada 19 SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Penilaian Kinerja Guru BK dan pedoman wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji F untuk mengetahui perbandingan kinerja guru bimbingan dan konseling yang telah bersertifikasi dengan non sertifikasi di SMP se-kota Kendari tahun 2016.Berdasarkan analisis data kinerja guru bimbingan dan konseling menunjukkan nilai    F = 18,566, p = 0,009 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan terdapat perbedaan sangat signifikan antara kinerja guru BK yang bersertifikasi dan guru BK non sertifikasipada SMP se-Kota Kendari. Dengan nilai rata-rata kinerja guru BK yang bersertifikasi ditunjukkan skor = 88,12 dan kinerja guru  non sertifikasi ditunjukkan dengan skor = 81,73. Hasil analisis tersebut menunjukkan terdapat perbedaan sangat signifikan antara kinerja guru BK yang bersertifikasi dan guru BK non sertifikasi pada SMP se-Kota Kendari Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Kinerja Guru BK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017