Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMKS Kesehatan Mandonga melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one-grup pre-test and post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Hasil menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa kelas XI di SMKS Kesehatan Mandonga mengalami peningkatan sebesar 12,65% setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan analisis statistik inferensial dengan menggunakan Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue  = 0,012. Pvalue < α (0,012 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMKS Kesehatan Mandonga. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019