Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pemberianl ayanan penguasaan konten dapat menurunkan tingkat kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika kelas XI IPA SMA Negeri 4 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, model pre-eksperimental designone group pre test-post test. Hipotesis penelitian ini adalah layanan penguasaan konten memberikan pengaruh positif terhadap kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Baubau. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa dari 112 siswa kelas XI SMA Negeri 4 Baubau. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes matematika sebanyak 5 soal. Berdasarkan analisis inferensial dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs dengan taraf signifikan 5%, hasil analisis data diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga dinyatakan bahwa  ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika siswa SMA Negeri 4 Baubau. Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Kesulitan Belajar Matematika
Copyrights © 2018