JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penggunaan Open Ended untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA

Muhamad Ajwar (STKIP Taman Siswa Bima)
Mariamah Mariamah (STKIP Taman Siswa Bima)
Hardiansyah Hardiansyah (STKIP Taman Siswa Bima)
Syahriani Yulianci (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Terdapat beberapa permaslahan yang peneliti temukan sebagi dosen pengampu seperti Kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan masalah masih rendah serta kemampuan pemecahan masalah masih kurang sehingga penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran open-ended untuk meningkatkan kreativitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD pada jurusan PGSD di STKIP Taman Siswa Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Adapun desain penelitian adalah pemberian pre test sebelum perlakukan dan postest setelah perlakuan. Pengambilan sampel dilakukan secara random sapling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes dan angket. Penganalisian data menggunakan uji-t pada tarf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS. 16 dengan jenis uji independen test didapat nilai t hitung (equal variance assumed) adalah 11,14 yang lebih besar dari t tabel (2,39). Sehingga dapat disimpulkan bahwa open ended berpengaruh terhadap kreativitas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...