JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis

Rachmat Rizaldi (Universitas Islam Sumatera Utara)
Syahlan Syahlan (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memberikan gambaran tentang sub-sub materi listrik dinamis. Tujuan khusus penelitian ini adalah menganalisis materi dan tujuan pembelajaran tentang pembelajaran Fisika yang telah berlangsung di sekolah, meliputi persentase fakta, konsep, dan prinsip yang terdapat pada materi. Untuk tujuan pembelajaran dilihat dari persentase tingkatan Taksonomi Bloom. Materi yang dianalisis dalam penelitian ini adalah materi Fisika SMA kelas X tentang Listrik Dinamis. Berdasarkan hasil analisis materi diperoleh persentase jumlah fakta, konsep, prinsip, dan prosedur masing-masing 28%, 30%, 36%, dan 6%. Dari hasil persentase analisis materi terlihat bahwa materi listrik dinamis didominasi oleh konsep dan prinsip. Agar siswa dapat memahami fakta dan prinsip-prinsip yang ada dalam pembelajaran Fisika dibutuhkan analisis materi yang ideal. Untuk tujuan pembelajaran materi listrik dinamis terlihat bahwa tujuan pembelajaran sudah mencapai tingkatan C5 tetapi belum mencapai tingkatan C6 sesuai dengan target tujuan pembelajaran Fisika nasional. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dalam penyusunan materi Fisika pada pokok bahasan Listrik dinamis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...