The Innovation of Social Studies Journal
Vol 2, No 2 (2021): The Innovation of Social Studies Journal, March 2021

The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review

Jumriani Jumriani (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Mutiani Mutiani (Social Studies Education Department, Postgraduate School of the Indonesian University of Education)
Muhammad Adhitya Hidayat Putra (Social Studies Education Department, Postgraduate School of the Indonesian University of Education)
Syaharuddin Syaharuddin (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Ersis Warmansyah Abbas (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Kearifan lokal merupakan karaterisitk masyarakat di suatu daerah yang harus dijaga sebagai identitas konstruktif sekaligus sebagai filter bagi berbagai aspek kebudayaan luar yang destruktif. Dalam konteks demikian, kearifan lokal dipahami sebagai warisan dari generasi ke generasi agar tidak tergerus beragam unsur-unsur kebuduyaan luar. Karena itu pembelajaran kearifan lokal merupakan kebutuhan yang tidak terelakkan, satu diantaranya melalui pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial (IPS). Pembelajaran IPS merupakan sarana bagi terjaganya kearifan lokal. Penelitian melalui studi literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya memanfaatkan konten kearifan lokal sebagai sumber belajar IPS. Studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi yang sesuai, kemudian dilakukan diskusi yang kemudian secara sitesis dinarasikan.  Hasil diskusi memastikan bahwa pembelajran IPS berbasis kearifan lokal menjadikan peserta didik dapat mengetahui, memahami, dan mempraktikkan dalam kehidupan sosial karakteristik lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan social sebagai sumber pembelajaran IPS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...