The Kalimantan Social Studies Journal
Vol 1, No 1 (2019): The Kalimantan Social Studies Journal, Oct 2019

Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies

Syaharuddin Syaharuddin (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Akhmad Munaya Rahman (Geography Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Ridha Fitriyani (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Kondisi sosial budaya masyarakat Banjar memiliki potensi terhadap pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran IPS. Kondisi ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh guru IPS di sekolah.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan guru IPS dalam mendesain pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sosial budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan mellaui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sosial dan budaya sebagai sumber belajar dimulai dengan menyiapkan silabus terlebih dahulu sebagai acuan dalam penyusunan. Selanjutnya menentukan tujuan pembelajaran yang dapat diukur dengan kata kerja operasional. Kemudian mengidentifikasi lingkungan sosial dan budaya sebagai sumber belajar yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pemanfaatan lingkungan sosial budaya ke dalam perencanaan pembelajaran IPS menyajikan berbagai hal yang dapat memperkaya pengetahuan peserta didik dan tidak terbatas oleh dinding kelas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kss

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Kalimantan Social Studies Journal (KSS) is an electronic journal media of students of Social Science Education of FKIP ULM to publish their final assignment in the form of scientific articles in Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM). As the name implied, this journal is an obligation journal in ...