Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3 No 1 (2019): El-idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Efektivitas Pembelajaran Online Dan Instruksi Tatap Muka

Nurul Haeriyah Ridwan (Institut Parahikma Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2019

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti membandingkan dua bagian, satu bagian adalah pembelajaran online satunya lagi merupakan pembelajaran tatap muka yang akan diteliti berdasarkan jenis kelamin, usia, preferensi gaya belajar, keakraban media, efektivitas tugas, efektivitas pembelajaran,nilai ujian, dan nilai akhir Kedua bagian itu diajarkan oleh dosen dan menggunakan bahan ajar yang sama. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan dalam nilai tes, tugas, nilai partisipasi, dan nilai akhir, meski secara online rata-rata kelompok sedikit lebih tinggi. Sembilan puluh enam persen dengan pembelajaran online, siswa menemukan jalannya untuk menjadi lebih efektif. Jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Tidak ada yang signifikan perbedaan antara preferensi dan gaya belajar dan nilai pada kedua kelompok. Studi tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran setara atau sama efektifnya bagi peserta didik online dan tatap muka.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

el-idarah

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Management Pendidikan islam (el-Idarah) menerbitkan naskah artikel 2 kali dalam setahun (Juni dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Pendidikan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Manajemen Pendidikan Islam, Sistem ...