Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Pelita Pendidikan

HUBUNGAN KOMUNIKASI (VERBAL DAN NON-VERBAL) GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SEL UNIT TERKECIL KEHIDUPAN DAN BIOPROSES DI SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Bayu Sugara (Unknown)
Meida Nugrahalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang berarti antara Komunikasi (Verbal Dan Non-Verbal) Guru dalam Proses Belajar Mengajar dengan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sel Unit Terkecil Kehidupan dan Bioproses di SMA Negeri 16 Tahun Pembelajaran 2015/2016 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan dan sampelnya adalah siswa kelas XI MIA 3 dan 4 yang berjumlah 80 orang dengan cara teknik proposive sampling (sampling bertujuan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan  kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data penelitian. Dari hasil analisis uji persyaratan data diketahui bahwa baik data komunikasi (verbal dan non-verbal) guru dalam proses belajar mengajar maupun hasil belajar biologi pada materi sel unit terkecil kehidupan dan bioproses dinyatakan berdistribusi normal. Hipotesis penelitian diuji dengan tehnik korelasi. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi besarnya nilai korelasi yaitu (0.6485) terdapat di antara 0.60 – 0.80, berarti komunikasi (verbal daan non-verbal) guru memiliki interpretasi korelasi cukup terhadap hasil belajar biologi siswa. Besarnya kontribusi komunikasi (verbal daan non-verbal) guru sebesar 42,06% terhadap hasil belajar biologi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Komunikasi (Verbal Dan Non-Verbal) Guru dalam Proses Belajar Mengajar dengan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sel Unit Terkecil Kehidupan dan Bioproses di Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...