Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) unsur kebahasaan; (3) nilai moral; (4) rencana pelaksanaan pembelajaranObjek penelitian ini adalah novel Rembulan di Langit Konstantinopel Karya Salman Ayashi Rz. Fokus penelitian ini berupa nilai moral novel Rembulan di Langit Konstantinopel Karya El Salman Ayashi Rz serta rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMK. Sumber data berupa novel dan kutipan tokoh. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri dengan bantuan kartu pencatat data. Pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik pustaka. Dalam analisis data ini digunakan analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel: (a) tokoh utama: Yusuf ( emosional, pemabuk, religius, bijaksana, dan saleh); tokoh tambahan: Aziz, Nazmah, Haidar, Kajong, Anas, Pak Ibrahim, Ahmad; (b) alur: alur maju, (c) latar: latar tempat: rumah Ridwan Hasan Ali, kamar, flat dan Turki; latar waktu: pagi hari dan malam hari; latar sosial: keagamaan; (2) unsur kebahasaan dalam novel Rembulan di Langit Konstantinopel Karya El Salman Ayashi Rz, yaitu: (a) majas: simile, personifikasi, dan hiperbola, (b) ungkapan, dan (c) peribahasa: perumpamaan; (3) aspek nilai moral dalam novel Rembulan di Langit Konstantinopel Karya El Salman Ayashi Rz mencakup empat aspek, yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan: bersyukur, berdoa, beribadah, ikhlas, jihad, upaya dan usaha, taubat, (b) hubungan manusia dengan manusia lain: persahabatan, tolong-menolong, perduli dengan orang lain, memberi nasihat, dan kasih sayang dalam keluarga, (c) hubungan manusia dengan diri sendiri: eksistensi diri, rindu, sedih, dan tidak mudah menyerah, (d) hubungan manusia dengan alam: memuji keindahan alam; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel disesuaikan dengan kompetensi dasar 3.9 menganalisi isi dan kebahasaan novel. Metode yang digunakan adalah metode cooperative learning.Kata kunci :nilai moral, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran cooperative learning\
Copyrights © 2019