Publikasi Pendidikan
Vol 10, No 3 (2020)

Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa

Muh. Faisal (Universitas Negeri Makassar)
Hotimah Hotimah (Universitas Negeri Makassar)
Nurhaedah Nurhaedah (Universitas Negeri Makassar)
Nurfaizah AP (Universitas Negeri Makassar)
Khaerunnisa Khaerunnisa (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan bermitra guru-guru SD yang tergabung dalam KKG Gugus 1, Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian yaitu: (1) kurangnya kompetensi mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital yang kekinian sesuai dengan perkembangan teknologi, (2) bahan ajar yang selama ini digunakan oleh mitra dalam kegiatan pembelajaran adalah hanya sebatas dari buku siswa dan buku guru, (4) kurangnya pengadaan kegiatan pelatihan yang mengasah kemampuan guru SD mitra dalam mengembangkan bahan ajar terutama bahan ajar digital, (5) mitra belum memiliki kemampuan IT yang memadai dalam mengembangkan bahan ajar digital. Melihat pentingnya pengembangan bahan ajar sesuai perkembangan teknologi sekarang ini maka diperlukan pelatihan yang mampu meningkatkan kemampuan teknologi mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital kekinian. Jika mitra memiliki kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar digital kekinian, maka pembelajaran sesuai dengan pembelajaran pada era digital dengan memperhatikan karakteristik peserta didik yang merupakan digital native. Adapun metode kegiatan pengabdian dilaksanakan secara blended, yaitu secara tatap muka dan secara virtual melalui zoom meeting. Hasil yang dicapai adalah adanya peningkatan kemampuan mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital yang kekinian yang memadukan berbagai platform yaitu canva, youtube, dan quizziz.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...