Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 4 No. 2 (2020): OPTIKA

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMPK St GABRIEL NDONA

Maimunah Haji Daud (Universitas Flores)
Maria Waldetrudis Lidi (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antar kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA, minat belajar  dengan prestasi belajar IPA, dan kebiasaan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMPK St Gabriel Ndona. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem  sampling jenuh sebanyak 35 siswa. Ada 2 teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu teknik angket dan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara: kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA dimana berdasarkan hasil analisis data yaitu thitung =1,78 > ttabel = 1,69, minat belajar dengan prestasi belajar IPA, terbukti dengan hasil analisis data yaitu thitun = 2,20 > ttabel = 1,69 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 33, interaksi kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPA, dari hasil analisis  data  yaitu  Fhitung = 49,82 >Ftabel = 3,29  pada  taraf  signifikan 0,05 dan dk pembilang = 2, dk penyebut =32.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...