Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan

Kemampuan Literasi Informasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Kompetensi Guru: Studi Kasus SDIT Al - Mumtaz Pontianak

Mazayatul Mufrihah (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Yunika Afryaningsih (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Muntaha (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Boedi Oetomo Pontianak)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2019

Abstract

Guru berperan memberikan ajaran kepada anak didiknya mengenai bagaimana cara mencari dan menggunakan informasi dengan bijak. Peneliti disini menggunakan variabel literasi informasi sebagai variabel bebas. Literasi informasi yaitu kemampuan individu untuk mengetahui kapan suatu pesan dibutuhkannya serta dapat diidentifikasi, jelas waktu pemanfaatannya, serta bermanfaat untuk pemecahan masalah. Komponen literasi informasi tersebut adalah: literasi dasar mencakup kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, mendengar, memperhitungkan dan menggambarkan suatu pesan. Dalam hal ini guru wajib memiliki kemampuan literasi informasi guna meningkatkan kinerja (kualitas SDM) dan kompetensinya sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi informasi guru dalam meningkatkan kinerja dan kompetensi guru. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ialah guru-guru di SDIT Al – Mumtaz Pontianak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnas2019

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Ruang Lingkup prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan meliputi bidang Pendidikan Sosial dan Budaya, Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, Pendidikan Mitigasi Bencana, Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal, Pendidikan Literasi, Bahasa, Sastra dan Seni, ...