Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 6, No 2 (2019): December

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PROYEKSI ORTOGONAL

Darmawan, Fajar A. (Unknown)
Purnawan, Purnawan (Unknown)
Sukandar, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperolehh data hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran guided discovery learning dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Desain yang digunakan adalah time series design. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 160 orang siswa SMK kelas X. Instrumen penelitian menggunakan tes.Hasil penelitian menunjukkan setelah diberikan perlakuan, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari kategori D meningkat menjadi B pada tahap 1 dan dari kategori B meningkat menjadi A pada tahap II. Pengujian N-Gain pada tahap I berada pada skor 0.65 meningkat lebih menjadi 0,43 pada tahap II.Penerapan model pembelajaran guided discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi proyeksi ortogonal.Kesimpulan penelitian ini bahwa metode pembelajaran guided discovery learning dapat apikasikan pada mata pelajaran gambar teknik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...