Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X

Riska Muliana Lubis (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Sri Irawati (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Kasrina Kasrina (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dari penerapan model siklus belajar 5E pada materi dunia tumbuhan menggunakan media teka-teki silang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas XMIPA 3 SMAN 9 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil belajar peserta didik aspek kognitif pada siklus I memiliki persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69% dengan kriteria belum tuntas, dan di siklus II meningkat menjadi 82,7% dengan kriteria tuntas. Hasil belajar peserta didik aspek psikomotor pada siklus I memiliki skor rata-rata 10,9 dan meningkat di siklus II menjadi 11,6. Disimpulkan bahwa penerapan model siklus belajar 5E menggunakan media teka-teki silang dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik serta tercapainya kriteria ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik di kelas XMIPA 3 SMAN 09 Kota Bengkulu pada materi dunia tumbuhan.Kata Kunci: siklus belajar, teka-teki silang, dan hasil belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...