Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 5 No 1 (2021)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Yuliani, Triana (Unknown)
Idrus, Irdam (Unknown)
Irawati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 6 tahap yaitu: tahap oreantasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, menyimpulkan, dan refleksi.  Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi penilaian hasil belajar ranah psikomotor. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I yaitu 66,66% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi  85,71% (tuntas). Sedangkan dalam ranah psikomotor pada siklus I dengan rerata skor hasil belajar psikomotor peserta didik dari 10,71 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 12,04.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan.Kata Kunci : Inkuiri, Hasil Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...