Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Irdam Idrus (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Irwandi Ansori (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Rio Kurniawan (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa  kelas VII SMP 1 Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan saintifik.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif, penelitian terdiri dari dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah satu orang guru IPA dan 32 orang siswa kelas VIIA SMPN 1  Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Dari hasil observasi yang dilakukan, aktivitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik telah terlaksana dengan baik. Data hasil belajar menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 43,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,13%. Pada sikus II hasil belajar yang diperoleh telah mencapai ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA di SMPN 1 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA di SMPN 1 Kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa SMPKata Kunci: Pendekatan Saintifik, Aktivitas Belajar IPA, Hasil Belajar IPA

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...