Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KERAGAMAN CAPUNG DI PERSAWAHAN KUALO BUKIT ACEH KOTA BENGKULU

Fera Waroka (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Irwandi Ansori (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Abdul Rahman (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Lingkungan memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran baik sebagai media, maupun sebagai objek kajian (sumber belajar). Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman capung di Persawahan Kualo Bukit Aceh Kota Bengkulu, untuk kemudian diaplikasikan dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi keanekaragaman hayati. Lokasi pengambilan sampel capung penelitian ini adalah Persawahan Kualo Bukit Aceh Kota Bengkulu. Sedangkan uji keterbacaan dan uji coba skala terbatas dilakukan di sekolah menengah atas (SMAN) 9 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 15 spesies (tujuh famili) capung yang terdapat di persawahan tersebut. Famili dengan keanekaragaman tersebesar adalah Libellulidae. LKPD yang disusun terkait studi ini dinilai sangat layak (83,5%) oleh para validator dan juga dinilai sangat baik (88,8%) oleh para peserta didik.  Hasil uji coba skala terbatas menunjukkan, LKPD ini efektif (nilai 80 %) dalam meningkatkan keterampilan penyusunan laporan peserta didik. Berdasarkan hasil validasi, uji keterbacaan dan uji coba tersebut, LKPD berdasarkan keragaman capung di Persawahan Kualo Bukit Aceh Kota Bengkulu ini layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA.Kata kunci : LKPD, Capung, Bahan Ajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...