Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui metode karyawisata di Kelompok B PAUD Hazl Persada. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah anak di kelompok B PAUD Hazl Persada. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 73,3% sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan sebesar 93,33%. Aktivitas belajar anak pada siklus I presentase ketuntasan sebesar 66,67% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,33%. Hasil dari meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui metode karyawisata mengalami peningkatan. Sebelum tindakan diperoleh persentase ketuntasan sebesar 40%. Pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan sebesar 53,33% dan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan sebesar 93,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di kelompok B PAUD Hazl Persada.
Copyrights © 2020