Para cendekiawan telah mengkaji pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji dan menemukan konsep etika dan moral yang dimiliki oleh murid dalam menuntut ilmu, namun hingga saat ini, belum ditemukan konsep sikap murid dalam menuntut ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa menurut pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji dan analisis pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan studi pustaka kualitatif dengan metode analisis isi. Data primer diambil dari buku Ta'lim Muta'allim, dan data sekunder dari literatur dan artikel dari jurnal pendidikan Islam. Data dianalisis melalui proses pengumpulan, pemilihan, penelaahan, dan pengklasifikasian bahan bacaan. Terdapat persamaan antara pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji dengan analisis pendidikan Islam yakni sebagai penuntut ilmu, para murid didorong untuk memiliki beberapa sikap, antara lain; (1) menghormati guru, (2) menghargai ilmu, (3) tawadhu, (4) wara, dan (5) tawakkal. Pendidikan Islam menekankan pada sikap ideal yang harus dimiliki siswa, antara lain; (1) menaati guru, (2) menaati orang tua, (3) rendah hati, (4) menjaga diri, (5) pasrah. Implikasi pendidikan mengenai sikap siswa hendaknya dijadikan acuan sikap ideal oleh setiap siswa dalam pembelajaran di semua jenjang pendidikan formal dan nonformal untuk mengurangi perilaku menyimpang dalam dunia pendidikan secara nasional.
Copyrights © 2021