Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 2, No 2 (2019): 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Peda

Dampak Pemanfaatan Sarana Pendidikan Terhadap Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri Se-Gugus 1 Puspahiang

Dianto, Dika (Unknown)
Zahrah, Riza Fatimah (Unknown)
Wakih, Agus Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis atau menguji hipotesis ada atau tidaknya pengaruh pemanfaatan sarana pendidikan (oleh Guru) terhadap efektivitas pembelajaran di SD Negeri se-Gugus 1 Puspahiang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 guru yang tersebar di 8 SD Negeri se-Gugus 1 Puspahiang. Analisis perhitungan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 22.0 for windows. Analisis korelasi antara pemanfaatan sarana prasarana pendidikan dengan efektivitas pembelajaran memiliki hubungan cukup kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,503. Besarnya pengaruh pemanfaatan sarana prasarana pendidikan terhadap efektivitas pembelajaran dari hasil uji determinasi sebesar 25,3%, sedangkan 74,7% menunjukkan efektivitas pembelajara dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam pembahasan penelitian ini. Hasil perhitungan signifikasi diperoleh harga 𝑡h𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 3,288, sedangkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan α = 0,05 adalah 2,036 artinya 𝑡h𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 3,288>2,036  terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Adapun persamaan regresi dari kedua variabel yaitu Y= 41,896+0,161X yang artinya persamaan regresi tersebut mempunyai arti bahwa jika Pemanfaatan Sarana Prasarana Pendidikan bertambah satu satuan sebesar 41,896 maka nilai Efektivitas Pembelajaran (Y) akan bertambah sebesar 0,161.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...