Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 1, No 1 (2018): 1st National Seminar on Elementary Education (SNPD 2018)

ASSESSMENT OF AFFILIATED SOCIAL ATTITUDES BASED ON PEER AND SELF ASSESSMENT TECHNIQUES IN CURRICULUM 2013 FOR ELEMENTARY SCHOOL PARTICIPANTS

Dessy Nur Maulina (Universitas Sebelas Maret)
St. Y. Slamet (Universitas Sebelas Maret)
Mintasih Indriayu (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Penilaian merupakan salah satu komponen pokok dalam proses pembelajaran. Penilaian atau asesmen seharusnya dilakukan sebagai upaya untuk mengukur tingkat ketercapaian indikator pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penilaian afektif sikap sosial berbasis teknik peer and self assessment pada kurikulum 2013. Metode yang digunakan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka. Hasil pembahasan dari penulisan ini menyimpulkan bahwa kemampuan afektif merupakan bagian dari hasil belajar yang memiliki peran sangat penting. Model penilaian afektif berbasis teknik peer and self assessment merupakan model penilaian inovatif yang sedang dikembangkan di dunia pendidikan karena model penilaian ini dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kepribadian peserta didik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...