Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 1, No 1 (2018): 1st National Seminar on Elementary Education (SNPD 2018)

CHILDREN'S FRIENDLY EDUCATION BASED ON TRADITIONAL GAMES IN TAMAN MUDA IBU PAWIYATA ELEMENTARY SCHOOL

Maya Kartika Sari (Unknown)
Suminto A. Sayuti (Unknown)
Pardjono Pardjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakarta. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, pamong, siswa, dan orang tua. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakartatelah berjalan dengan baik dan dapat mengeksplorasi potensi siswa. Guru atau pamong melaksanakan pembelajaran melalui metode bermain atau dolanan, guru menciptakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran, guru berupaya mengembangkan bakat minat anak secara maksimal tanpa beban paksaan, guru mencurahkan kasih sayang kepada siswa secara utuh, guru memberikan perhatian bagi mereka yang lemah dalam proses belajar melalui bimbingan belajar intens. Pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakarta yang dilakukan seperti lepetan, cublak-cublak suweng, jamuran, dakon, jaranan, galasin, dimana dapat menumbuhkan karakter positif pada anak yaitu menumbuhkan toleransi antar teman, saling membantu, demokratis, jujur dan disiplin dalam mematuhi peraturan permainan, dan menumbuhkan rasa cinta pada budaya yang ada dan melestarikan dolanan anak tradisional agar tetap berkelanjutan. Pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakarta mendapatkan dukungan penuh dari orangtua dan pihak sekolah sehingga implementasinya dapat maksimal dan terkondisi dengan baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...