Artikel ini bertujuan membahas kajian inovasi pembelajaran sosiologi melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi guru SMA/MA di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dilatarbelakangi oleh berlakunya Kurikulum 2013 secara serentak di Gunungkidul pada tahun 2017 sehingga guru perlu mengembangkan pembelajaran inovatif  melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Subjek yang terlibat adalah guru sosiologi, peserta didik, kepala balai pendidikan menengah dan nonformal setempat, pengawas guru/sekolah, dan dosen. Teknik pengumpulan data melalui metode interview, focus group discussion, praktek, dan simulasi. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil pembahasan mendeskripsikan 1) Permasalahan Pembelajaran Sosiologi berbasis Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul berkaitan dengan kebutuhan pengembangan media pembelajaran; 2) Inovasi Pembelajaran Sosiologi SMA/MA di Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan dengan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi; 3) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam bentuk video pembelajaran dengan aplikasi movie maker dan hasil pengembangan media dapat menunjang praktek pembelajaran sosiologi bagi siswa.  Kata kunci : Kurikulum 2013; media pembelajaran; sosiologi; teknologi informasi; video pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018