Artikel ini bertujuan membahas metode pengembangan bahan ajar berbasis Teknologi Informasi (TI) bagi guru sosiologi SMA/MA di Kabupaten Purworejo. Hal ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pengembangan kompetensi guru untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sosiologi salah satunya dengan pengembangan bahan ajar. Bahan ajar berbasis TI menjadi alternatif karena menyesuaikan perkembangan situasi pembelajaran saat ini yang dekat dengan perkembangan teknologi, sekaligus menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik yang mampu dan senang mengoperasikan perangkat elektronik (telepon selular). Subjek yang terlibat adalah guru sosiologi SMA/MA yang tergabung dalam MGMP Sosiologi Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan focus group discussion. Teknik analisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan 1) Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar sosiologi untuk kelas X, XI, XII SMA/MA berdasarkan kurikulum 2013; 2) Aplikasi yang digunakan adalah html 5 dengan Construct 2; 3) Alat yang dibutuhkan adalah komputer/laptop, internet, materi. Metode pengembangan bahan ajar sosiologi berbasis teknologi informasi dilakukan dengan 1) analisis situasi/kebutuhan, 2) penyusunan bahan ajar, 3) workshop dan simulasi, 4) evaluasi hasil bahan ajar. Dari metode tersebut diperoleh desain model bahan ajar berbasis teknologi informasi dengan memanfaatkan aplikasi game Html 5 dengan Construct 2. Desain model bahan ajar ini dapat digunakan di kelas untuk menyampaikan materi sosiologi menggunakan perangkat elektronik yang dimiliki peserta didik berupa komputer, laptop maupun handphone. Kata kunci: Aplikasi Contruct 2, Bahan Ajar Sosiologi, Teknologi Informasi 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018