Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Vol 12, No 2 (2021)

Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) dipadu dengan group investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran fisika

Aurelia Astria L. Jewaru (Universitas Negeri Malang)
Purbo Suwasono (Universitas Negeri Malang)
Asim Asim (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
05 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL-GI terhadap siswa yang menggunakan model PBL. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-experiment, Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berasal dari siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2018/2019 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen (KE) dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol (KK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas PBL-GI (KE) lebih tinggi dari siswa kelas PBL (KK). Hal ini dibuktikan dengan uji-t, diperoleh thitung = 3,021 dengan Sig. = 0,002.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BFI

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to: Physics Physics Education Computational Physics Experimental Physics Theoretical Physics Astronomy Electronics Instrumentation Sensor ...