Penelitian ini dilatarbelakangi karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah dan sesekali menggunakan media power point yang masih berpusat pada pendidik, dan sedikitnya sumber pembelajaran fisika berbentuk e-learning yang bisa diakses secara luar, kapan saja, dimana saja dan muatan materi yang sangat padat sementara waktu pembelajaran yang diberikan di dalam kelas hanya sedikit. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengembangkan e-learning berbasis inquiry terbimbing berbantuan aplikasi edmodo terhadap keterampilan abad-21 peserta didik 2) untuk menghasilkan e-learning berbasis inquiry terbimbing berbantuan aplikasi edmodo terhadap keterampilan abad-21 peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan plomp meliputi: 1) Penelitian pendahuluan (Preliminary research), 2) pengembangan prototipe (Development of prototype phase) dan 3) Fase penilaian (Assesment phase). E-learning berbasis inquiry terbimbing berbantuan aplikasi edmodo pada materi suhu dan kalor serta termodinamika sangat valid dengan skor rata-rata 90,44% dengan persentase uji kelayakan isi sebesar 86%, kelayakan media 93,33% dan kelayakan bahasa 92%, dimana praktikalitas oleh pendidik 94,67% dan peserta didik
Copyrights © 2021