MUDRA Jurnal Seni Budaya
Vol 36 No 2 (2021): Mei

Cultural Landscape: Brand Knowledge Wisatawan tentang Bali dalam Online Travel Review Communication Platform

Ramaswati Purnawan (Unknown)
I Gede Pitana (Unknown)
I Nyoman Darma Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Kebudayaan Bali memiliki peran penting bagi citra dan competitiveness Bali dalam industri pariwisata global dan unsur-unsur budaya telah digunakan sebagai ikon pemasaran pariwisata. Namun demikian, dalam perjalanan kepariwisataan di Bali, motivasi wisatawan berkunjung beragam karena banyaknya alternatif aktivitas wisata ditawarkan di Bali. Di sisi lain, perkembangan teknologi komunikasi merubah trend wisatawan mempersiapkan perjalanan wisata melalui pencarian informasi dengan merujuk ke rekomendasi dari sosial media secara online, salah satu yang populer adalah travel review forum. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui brand knowledge wisatawan tentang Bali melalui mediasi online travel review platform. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui survey dengan kuesioner online sebagai instrument penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan metode Spearman Rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM, khususnya online travel review memiliki hubungan yang kuat dan positif terhadap brand knowledge wisatawan bahwa Bali merupakan destinasi wisata alam. Sebaliknya, hubungan yang lemah dan negatif terjadi antara eWOM terhadap brand knowledge wisatawan tentang Bali sebagai destinasi wisata budaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mudra

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AIMS The journal presents as a medium to share knowledge and understanding art, culture, and design in the area of regional, national, and international levels. In accordance with the meaning of the word “Mudra”, which is a spiritual gesture and energy indicator, it is hoped that the journal ...