E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 7, No 2 (2016): E-DIMAS

IBM BAGI TUTOR PAUD ANAK BANGSA VI KELURAHAN TANDANG SEMARANG

Tarcisia Sri Suwarti (Unknown)
Akmal Akmal (Unknown)
Jafar Sodiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2016

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Kelurahan Tandang, Semarang memiliki 14 kelompok PAUD yang masing-masing memiliki mayoritas tutor ibu rumah tangga yang kurang memiliki bekal pengetahuan dalam pengelolaan PAUD. Dilihat dari sisi lain, anak-anak usia dini pada era sekarang sedikit banyak telah mengenal berbagai teknologi modern yang mendukung mereka untuk mengenal dunia di sekitarnya termasuk  penggunaan fitur emoticon yang terdapat dalam teknologi modern seperti handphone. Oleh karena itu, untuk mengimbangi  perkembangan  pengetahuan  siswanya,  para  tutor  PAUD  Anak  Bangsa  VI  di Kelurahan Tandang, Semarang perlu dibekali teknik-teknik pengajaran PAUD secara khusus dalam hal  teknik  pengajaran  kosakata  bahasa  kepada  siswa  melalui  media  emoticon  sehingga  bisa menarik minat siswa untuk memperluas kosakata bahasa mereka. Berkenaan dengan hal ini, tim pelaksana  memberikan  pelatihan  berupa  pembekalan  yang  berisi  tentang  teori  dan  teknik pengajaran kosakata bahasa dengan menggunakan media emoticon. Dalam pembekalan tersebut, tim juga menyediakan fasilitas mengajar berupa media gambar emoticon dengan tampilan yang menarik.   Setelah   dilakukan   pelatihan   tersebut,   selanjutnya   peserta   mulai   diajak   untuk mempraktekan teknik mengajar tersebut kepada siswa PAUD yang dibimbingnya. Luaran yang telah dicapai dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah produk pengabdian berupa emoticon card,   para tutor PAUD dapat memahami teori mengenai teknik pengajaran kosakata bahasa kepada siswa PAUD, para tutor PAUD dapat langsung menerapkan teknik pengajaran kosakata bahasa dengan menggunakan media emoticon kepada siswa didiknya, sehingga para siswa PAUD memiliki semangat untuk mengikuti kegiatan dalam PAUD karena penggunaan media yang menarik tersebut. Selain itu, dengan penggunaan media tersebut dapat mempermudah anak untuk menangkap informasi dan memperluas pengetahuan mengenai kosakata bahasa. Kata kunci: emoticon, paud, kosakata, bahasa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...