JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 5, No 3 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul

Adi Arsoniadi (Universitas Ahmad Dahlan)
Mujidin Mujidin (Universitas Ahmad Dahlan)
Hadi Suyono (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Pendidikan yaitu suatu proses pembelajaran yang berjalan sepanjang hidup. Tiap pelajar pasti mau memperoleh prestasi belajar memuaskan. Namun, untuk mendapatkan prestasi tersebut tidaklah mudah, beberapa faktor yang bisa mempengaruhi prestasi belajar salah satunya yaitu kebiasaan belajar yang baik adalah kunci utama untuk mendapatkan prestasi akademik yang baik, lantaran dapat membuat situasi belajar yang mendukung. Semakin tinggi penguasaan materi pada suatu mata pelajaran sehingga prestasi belajar juga akan semakin tinggi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah benar kebiasaan belajar mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini memakai metode pendekatan kuantitatif, didapatkan hasil bahwa kebiasaan belajar menjadi salah satu faktor prestasi belajar pada siswa dan pengaruhnya cukup signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...