JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 4, No 4 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Metode Penemuan Untuk Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengassess Hasil Belajar

Hajiriah, Titi Laily (Unknown)
Karmana, I Wayan (Unknown)
Dharmawibawa, Iwan Doddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan perangkat penilaian autentik berbasis penemuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengasses hasil belajar. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (Perencanaan), develop (pengembangan), dan desimanate (penyebaran) . Tahap pengembangan instrumen perangkat penilaian autentik ini hanya sampai tahap pengembangan dengan teknik pengambilan data dengan mengevaluasi bahan ajar yang sudah dikembangkan ke beberapa validator dan mencari tingkat reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menghasilkan instrumen perangkat penilaian autentik yang dikemas dalam bentuk bahan ajar dengan hasil validasi sebesar 3,59 dan nilai reliabilits sebesar 0,89 yang artinya perangkat instrumen yang sudah dikembangkan  valid dan reliabel untuk digunakan oleh mahasiswa calon guru pendidikan biologi sebagai bahan ajar untuk mencontoh perangkat penilaian autentik berbasis penemuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...