JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 1 No. 1 (2021): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Edisi Januari - Juni 2021

Penerapan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Pokok Fungsi

Dewi Silviana (STKIP Bima)
Mikrayanti Mikrayanti (STKIP Bima)
Rista Salma Jauhari (Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
M. Furqan (Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terutama pada meteri pokok fungsi. Hal ini disebabkan pembelajaran oleh guru kurang mengaitkan matematika dengan dunia nyata siswa. Akibatnya, siswa kurang mengahayati atau memahami dan rekontruksi konsep-konsep matematika, dan siswa mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Siwa juga kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan disini adalah Realistic Mathematics Education (RME). Penerapan RME memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan kembali konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMPN 2 Bolo pada Materi Pokok Fungsi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikalukan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan, 2 kali pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi. Siklus II terdiri dari 2 pertemuan, 1 kali pertemuan untuk pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang didasari oleh meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada hasil observasi siklus I dengan kategori sangat aktif, dan siklus II juga aktivitas belajar siswa berkategori sangat aktif. Melalui analisis hasil evaluasi secara keseluruhan dari setiap siklus dapat dilihat adanya peningkatan presentase hasil belajar klasikal dari siklus I 71,29%, Siklus II 93,35%. Dengan melihat proses pembelajaran dan hasil evaluasi tersebut, diketahui bahwa Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII B SMPN 2 Bolo pada Materi Pokok Fungsi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...