ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment
Vol 3, No 1 (2021)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Rencana Pembelajaran PAUD di Kota Bandung

Enoh Enoh (Universitas Islam Bandung)
Huriah Rachmah (Universitas Islam Bandung)
Masnipal Masnipal (Unknown)
Nurul Afrianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Hasil pengamatan dan wawancara dengan guru, kepala sekolah serta Ketua HIMPAUDI Kecamatan Bandung Wetan terungkap bahwa persoalan belum adanya aplikasi yang membantu kinerja guru dalam membuat rencana pembelajaran dan pelatihan tentang teknologi khususnya komputer menyebabkan guru-guru tidak memahami konten yang perlu dimasukkan ke dalam rencana pembelajaran dan cara memanfaatkan teknologi. Pengisian angket terhadap 10 guru PAUD menunjukkan data permasalahan terkait, diantaranya: (1) 90 % guru belum membuat rencana pembelajaran secara rutin atau teratur, (2) 80 % guru belum paham dalam membuat rencana pembelajaran, (3) 90 % guru belum memanfaatkan teknologi komputer (manual) untuk mempermudah pembuatan rencana pembelajaran (4) 100 % guru belum mempunyai aplikasi rencana pembelajaran berbasis komputer.  Solusi yang diberikan antara lain: peningkatan kemampuan guru-guru PAUD dalam membuat rencana pembelajaran secara rutin atau teratur dengan menggunakan aplikasi pada setiap tahun ajaran agar guru selalu siap saat mengajar tidak terkendala dengan kegiatan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didiknya serta pelatihan dalam menyusun rencana pembelajaran. Kegiatan pelatihan guru PAUD Non formal ini dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2021 yang dihadiri oleh 16 orang guru PAUD di wilayah Kecamatan Bandung Wetan. Evaluasi pelatihan dilakukan melalui uji t-Paired. Dari hasil perhitungan didapat p-value sebesar 0.006. Dengan derajat kepercayaan 95%, karena p-value kurang dari 0,05, hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan peserta sebelum dan sesudah pelatihan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AIA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Academics in Action Journal of Community Empowerment is a scientific publication media for Community Service (PKM) activities, which is carried out by lecturers and education staff. The journal is published twice a year, in June and December; and managed by the Institute for Research and Community ...