Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama
Vol 14, No 1 (2020): Edisi Juni 2020

Lifelong Learning: Pembelajaran Kolaboratif Inklusif Untuk Menyiapkan Generasi Digital Yang Humanis

Sukardi Abbas (IAIN Ternate)
Nurbaya Nurbaya (STKIP Kie Raha Ternate, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Era digital tidak bisa dihindari. Berbagai jenis informasi dapat diakses dengan mudah, cepat, murah dan bahkan lebih banyak dari pada yang dapat di tangani. Hal ini membutuhkan upaya cepat untuk mendidik generasi digital sedini mungkin entah itu anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang berkebutuhan khusus. Lifelong learning merupakan satu-satunya jalan menuju masa depan yang lebih baik melalui pembinaan karakter siswa (etika, moral, spiritual, sosial dan intelektual). Pembelajaran kolaboratif secara inklusif diduga dapat membuka ruang-ruang belajar siswa dengan mengintegrasikan antara fisik, psikis dan sosial siswa. Artikel ini akan mengidentifikasi dan mendeskripsikan unsur-unsur penting dari lifelong learningmelalui studi literature danĀ  menawarkan satu model pembelajaran kolaboratif secara inklusif untuk menyiapkan generasi masa kini dan generasi masa depan yang humanis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alwardah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AL-WARDAH Jurnal kajian Perempuan, gender dan Agama (ISSN: 1907-2740, E-ISSN: 2613-9367) adalah jurnal yang menerbitkan hasil kajian, penelitian, review tentang tema-tema perempuan gender dan agama. Diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak (PGSA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. ...