Permasalahan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengamatan yang ditemukan pada kreativitas guru yang masih rendah terlihat pada saat melaksanakan pembelajaran guru hanya menggunakan media atau alat yang sederhana yaitu: kapur tulis dan papan tulis. Terlihat pada saat kegiatan pembelajaran sains berlangsung yaitu tentang tema tumbuhan dengan sub tema tanaman pohon pada saat penjelasan tentang tanaman pohon guru hanya mengenalkan huruf pohon yang di tulis dipapan tulis. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Subyek penelitian sebanyak 3 orang guru di KB Az-zahra Desa Madusari Kecamatan Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah Pre-Eksperimental Design, teknik dan alat pengumpul data menggunakan pedoman observasi dan pedoman chek-list. Berdasarkan hasil diperoleh nilai t hitung sebesar 13,000 dengan tingkat Sig.(2 tailed) = 0,006 dengan df = N – 1 = 3 – 1 = 2, sehingga nilai t tabel = 4,30265 pada taraf signifikansi (α = 0,05), karena t hitung ≥ t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Kreativitas Guru
Copyrights © 2020