JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 1 (2021)

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Andi Nurul Fadilah (UIN Alauddin Makassar)
Thamrin Tayeb (UIN Alauddin Makassar)
Fitriani Nur (UIN Alauddin Makassar)
Suharti Suharti (UIN Alauddin Makassar)
A. Sriyanti (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika sedangkan sampelnya dipilih menggunakan teknik sampling kelompok (sampling cluster). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar dan regulasi diri, serta dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika berada pada kategori sedang, regulasi diri juga berada pada kategori sedang serta prestasi belajar mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi. Kemandirian belajar dan regulasi diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...