BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1 No 4 (2020)

PENGUATAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA MATEMATIKA PERMAINAN DI SDN CIKUDA JATINANGOR

Edi Kurniadi (Department of Mathematics of FMIPA of Universitas Padjadjaran)
Nurul Gusriani (Unknown)
Betty Subartini (Unknown)
Herlina Napitupulu (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2020

Abstract

Dalam artikel ini, didiskusikan bagaimana memotivasi siswa-siswa sekolah dasar khususnya para siswa di SDN Cikuda Jatinangor dalam memahami konsep matematika melalui alat-alat pembelajaran matematika. Tujuan utamanya adalah untuk menarik minat siswa dalam memahami konsep dasar matematika dengan lebih mudah. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah student learning center. Selain itu, diberikan juga penjelasan kepada salah seorang perwakilan guru dan siswa melalui praktik penggunaan alat-alat pembelajaran matematika tersebut. Lebih jauh, karena kondisi COVID-19, kegiatan ini juga direalisasikan melalui pembuatan video pembelajaran yang dapat diakses di YouTube. Fokus utama dalam kegiatan ini adalah penekanan pada penguatan konsep aritmetika. Di sisi lain, penguatan konsep siswa dilakukan melalui problem solving di aplikasi zenius.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...