Journal of Empowerment Community
Vol. 3 No. 1 (2021): MARET 2021

PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PETANAHAN

Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)
Ngatman Ngatman (Unknown)
Moh Salimi (Unknown)
Ratna Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Peningkatan keterampilan sumber daya manusia menjadi salah satu yang penting dalam rangka menyelenggarakan sistem pendidikan yang berkualitas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia yang ada di sekolah adalah dengan pelatihan yang tujuan utamanya memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna menjadi salah satu tujuan utama dalam pembelajaran. Untuk mengemas pembelajaran yang menyenangkan diperlukan inovasi yang perlu dilakukan oleh pendidik. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah dengan menggunakan macromedia flash. Melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran macromedia flash, pendidik dapat membuat dan menyusun materi sesuai dengan kompetensi dan karakteristik masing-masing peserta didik. Pengabdian ini dilakukan di wilayah Kebumen kecamatan petanahan dengan jumlah peserta 32 guru SD. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa: 1) pemahaman guru terhadap aplikasi macromedia flash yang awalnya hanya sebanyak 6,25% menjadi 96,87%; 2) respon guru terhadap pelatihan aplikasi macromedia flash termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 90,62%; 3) kendala dalam pelatihan ini adalah pengetahuan awal guru terhadap macromedia flash sangat rendah sehingga membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses bimbingan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

a) Pelayanan pada masyarakat, b) Ketahanan Pangan Lokal; c) Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; d) Pemberdayaan Masyarakat; e) Layanan Komunitas Mahasiswa; f) Wilayah Perbatasan dan Wilayah Kurang Dikembangkan; g) Pengembangan wilayah terpadu h) Pendidikan untuk Pembangunan ...