Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Script dengan media kartu gambar terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan model atom kelas X IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Peusangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Peusangan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga yang menjadi sampel penelitiannya adalah siswa kelas X IPA 2 dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari soal pretest, posttest, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil pretest siswa sebesar 35,63 dan rata-rata hasil posttest siswa sebesar 78,33. Data pretest dan posttest diuji normalitas dengan hasil < 0,05 yang menyatakan bahwa data tidak berdistribusi normal, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis melalui teknik Wilcoxon dengan hasil < 0,05 yang membuktikan bahwa Ha diterima. Sedangkan penilaian angket minat belajar diperoleh hasil persentase rata-rata minat belajar siswa yaitu 73,33% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Script dengan media kartu gambar mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan model atom kelas X IPA SMA Negeri 1 Peusangan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021