Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2021)

Pengaruh Reward Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di SD Labschool FIP UMJ

Dewi wulandari (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)
Azmi Al Bahij (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)
Imam Mujtaba (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)
Venni Herli Sundi (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh antara pemberian reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Labschool FIP UMJ. Penelitian ini dilaksanakan di SD Labschool FIP UMJ pada tanggal 18 Januari sampai dengan 12 Februari 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 42 siswa, maka sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu sampel jenuh. Jumlah sampel ditentukan dengan sampel jenuh sehingga sampel berjumlah 42 respondesn. Setiap siswa mengisi lembar kuesioner pernyataan dengan skala likert yang berisikan dengan skor 5 (sangat sering), 4 (sering), 3 (kadang-kadang), 2 (pernah), 1 (tidak pernah). Hasil penelitian ini yaitu adanya pengaruh reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Labschool FIP UMJ sebesar 60,6 %. Jadi nilai signifikansi 0,000<0,05, maka H0  ditolak dan Ha  diterima, artinya adalah adanya pengaruh secara signifikan antara pengaruh reward dengan keaktifan belajar IPA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

perseda

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

jurnal perseda (jurnal pendidikan guru sekolah dasar) terdiri dari berbagai penelitian yang membahas terkait dengan keilmuan di sekolah ...