Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 6, No 2 (2021): Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2, Mei 2021

Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Materi Gelombang

Dewi Amiroh (universitas khairun)
Sulami Sibua (Universitas Khairun)
Astuti Salim (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Rendahnya penguasaan konsep serta pemecahan masalah pada materi gelombang berdampak pada kesulitan mahasiswa saat mempelajari materi Fisika lanjutan. Permasalahan ini mampu diatasi dengan pembelajaran multi representasi karena mahasiswa belajar melalui berbagai format representasi sehingga konsep Fisika tergambarkan lengkap. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran dengan multi representasi dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada materi gelombang dan sejauh mana pembelajaran dengan multi representasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian menggunakan mixed methods desain embedded experiment model. Pembelajaran multirepresentasi mampu meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada materi gelombang secara signifikan dengan d-effect size 2,96 kategori kuat dan Ngain 0,6 kategori sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...