Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2020)

The Effectiveness of Think-Talk-Write (TTW) Learning Strategy In Term of Critical Thinking and Mathematical Communication

Muhammad Farid Nasrulloh (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang.)
Fitri Umardiyah (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang.)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pembelajaran konvensional ditinjau dari berpikir kritis dan komunikasi matematis, membandingkan keefektifan strategi strategi Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pembelajaran konvensional ditinjau dari berpikir kritis dan  komunikasi matematis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA Bahrul Ulum Jombang yang berjumlah tiga kelas. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X-IIS-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-IIS-II sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengen menggunakan uji one-sample t-test, uji MANOVA dengan T2 Hotteling dan uji t dengan kriteria Bonferroni. Hasil penelitian ini adalah pada taraf kepercayaan 95%, impelementasi strategi Think-Talk-Write (TTW) efektif ditinjau dari berpikirr kritis dan komunikasi matematis, sedangkan pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari berpikir kritis dan komunikasi matematis. Implementasi strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mercumatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...